Kamis, 10 Juni 2010

the Calvin and Hobbes tenth anniversary book, hoo-hah!

kemarin saya membeli the Calvin and Hobbes tenth anniversary book, untuk menambah koleksi calvin and hobbes saya (percayalah kalian tidak akan pernah puas untuk mengkoleksinya).

yang istimewa dari buku ini dibanding buku yang lain adalah adanya essai dan komentar komentar tambahan dari Bill Watterson. jadi seperti special feature di dvd, dimana sutradara atau pemainnya berkomentar di setiap scene film. tapi bedanya jika komentar tidak penting pada tengah tengah adegan seru itu mengganggu, makan komentar komentar di buku ini tidak.

buku ini diterbitkan tahun 1995 tepat 10 tahun (saya hanya memperjelas judul) dari kemunculan duo keren ini di koran, yaitu tanggal 18 november 1985. dan di tahun 1995 juga Watterson menghentikan serial ini.

buku ini seperti kebanyakan buku kumpulan komik strip calvin and hobbes yang lain juga berukuran besar, sekitar 23cm x 30 cm, jadi panel panel komiknya (baik harian maupun edisi minggu) tercetak seperti ukuran aslinya di koran.

di 20 halaman awal buku ini berisi teks pembahasan Watterson tentang transisi komik strip pada masa dia masih membuat komik, lisensi calvin and hobbes dan kenapa dia menolak membuat merchandise calvin and hobbes, istirahat panjang, dan format komik edisi minggu.

lalu dilanjutkan 7 halaman penjelasan latar belakang tokoh tokoh yang terlibat dan memperseru dunia ajaib calvin and hobbes.

di atas atau bawah panel panel komik, Watterson berkometar tentang teknik mengkomik, pendapatnya tentang cerita atau tentang dari mana dia mendapat inspirasi ceritanya. ada kalanya terdapat curhat Watterson tentang industri komik strip dan deadline yang mengejarnya.

oh ya ada juga penjelasan Watterson tentang unsur unsur keseruan yang sering muncul dalam komik ini, seperti, dinosaurus, kereta kayu calvin, spaceman spiff, transmogrifier dan stupendous man.

dan saya suka sekali pendapat calvin di sini.

biar lebih jelas.

dan jika ada dari kamu yang mau punya buku ini juga, kamu coba tanya toko buku favorit saya deh, omuniuum, saya rasa di sana masih punya buku ini satu*.

* ternyata tidak dijual sama boit, maaf.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar