Rabu, 16 Desember 2009

Pemikiran Politik Soetan Sjahrir dan Partai Sosialis Indonesia

telah setengah tahun saya dan beberapa teman saya dari Media Parahyangan, PUSIK Parahyangan dan Inisiatif Warga Negara menyiapkan sebuah buku yang disusun ulang dari tesis salah satu dosen unpar yaitu P.Y. Nur indro yang lebih biasa disapa Mas Nur.

Buku ini mengenai pemikiran Soetan Sjahrir, salah seorang pemikir indonesia di jaman pra kemerdekaan sampai setelah kemerdekaan dan partai yang dibentuknya partai Sosialisme Indonesia.

buku ini berjudul Pemikiran Politik Soetan Sjahrir dan Partai Sosialis Indonesia: tentang sosialisme demokratis


buku ini berisi informasi yang sangat menarik dan penting tentang hal hal apa saja yang mendasari pemikiran dari Soetan Sjahrir, yang dijuluki bung kecil. ada beberapa hal seperti kebebasan, universalisme humanis dan sosialisme kerakyatan yang dijelaskan secara rinci dan jelas oleh Mas Nur. namun Mas Nur menuliskannya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti semua orang.

berikut ini adalah beberapa cukilan buku yang menarik buat saya.


dijelaskan bagaimana Sjahrir sangat menetang feodalisme.



bagaimana Sjahrir memandang anarkhi. inilah yang menginspirasi kolaborasi kaos kedua KxPxS dan media parahyangan.


dan buku ini ditulis kata pengantarnya oleh Robetus Robet, mungkin beberapa kawan sekalian sudah mengenal Robet sebagai ahli sosialisme demokrasi muda yang sedang naik daun akhir akhir ini.

jika ada teman yang tertarik untuk menambah ilmu dengan membaca buku ini, teman teman dapat menghubungi email saya. namun buku yang baru dua kali naik cetak ini sedang habis, dan baru akan dicetak ulang awal tahun 2010, jadi kalau sudah ada bukunya lagi saya akan mengabarkan teman teman yang sudah menghubungi email saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar