Kamis, 24 Desember 2009

kanegon

kalian bisa mengatakan halo kepada kanegon. tapi berhati hatilah karena kanegon adalah kaiju yang sangat suka uang. dulu kanegon adalah seorang anak kecil yang berubah jadi kaiju karena dia tamak, mata duitan. kanegon harus selalu makan koin agar dia tidak mati, kasian.

kanegon merupakan salah satu kaiju yang muncul dalam serial utra q (1966), pada episode ke 15 kata wikipedia. bentuk kanegon merupakan campuran dari kerang (shellfish atau mungkin bisa dibaca selfish, hihihi) dan dompet koin.

akhir kisah kanegon sendiri sangat absurd. kanegon yang berusaha bertahan hidup dengan makan koin akhirnya berhasil sembuh kembali menjadi manusia, namun saat dia kembali ke rumah orang tua si anak tadi telah berubah juga jadi kanegon lainnya.

mainan vinyl setinggi 4 inci ini merupakan produksi bullmark, sebuah perusahaan mainan jepang. waktu itu saya menemukannya secara tidak sengaja di sebuah toko mainan favorit saya di pusat perbelanjaan pinggir kota bekasi, tapi sekarang toko itu sudah tutup.

tampak depan.

tampak belakang.

detail mulut dan gigi yang mirip resleting dompet.

sebenarnya mainan ini glow in the dark, tapi kurang terang.

lambang bullmark pada telapak kaki. bullmark merupakan salah satu pabrik mainan yang legendaris di jepang, yang terkenal dengan produksi mainan vinyl seri godzilla dan ultraman. pabrik ini berdiri pada tahun 1969 setelah kebangkrutan pabrik mainan legendaris marusan, namun bullmark tidak bertahan lama, pada tahun 1977 bullmark juga bangkrut.

namun setelah itu banyak replica mainan mainan bullmark yang diproduksi oleh b-club, m-1, bandai dan lainnya. mungkin kanegon saya juga merupakan replika, namun saya tidak tahu produksi siapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar