Selasa, 31 Mei 2011

yayness

jika kamu tergoda akan gadis gadis manis, maka saya selalu akan tergoda untuk membeli buku, apalagi buku buku bergambar yang bagus bagus.

sore sampai malam tadi saya dan teman saya, seorang yang sangat terkenal sekali di kota bandung khususnya daerah bandung utara, mengacak ngacak sebuah toko buku yang terkenal juga. kebetulan di sana terdapat cukup banyak buku bergambar.

maka ini lah hasil pengacak ngacakan saya.

saya sangat senang melihat lihat majalah The New Yorker, walaupun saya kesulitan membaca artikelnya, tapi saya sangat menikmati ilustrasi ilustrasi yang ditampilkan di majalah itu. memang majalah itu terkenal dengan ilustrasi yang bagus, beberapa (yang saya sukai dan ketahui pernah jadi) ilustrator yang pernah menghiasi majalah itu adalah Robert Crumb, Chris Ware, Joost Swrate, David Mazzuchelli dan William Steig.

The New Yorker pun mengeluarkan buku kumpulan ilustrasi yang pernah muncul di majalah mereka, dan mereka mengumpulkannya dalam beberapa tema. saya sudah punya yang bertemakan dokter, dan tadi saya memukan yang bertema kucing, sebenarnya saya tidak terlalu suka kucing, tapi berhubung ini kumpulan ilustrasi The New Yorker dan ada beberapa karya William Steig di dalamnya, maka saya menyerah.

lalu Dr. Seuss, sebenarnya saya tidak terlalu berani untuk membeli buku buku Dr. Seuss, saya sangat takut untuk terobsesi untuk mengkoleksi semua buku Dr. Seuss. sejauh ini saya hanya memiliki kurang dari lima buku karyanya, itu juga yang tidak terlalu aneh (yang agak aneh adalah yang berbahasa hebrew). namun ketika melihat buku ini saya langsung ingin mengkoleksinya.

saya selalu penasaran apa yang dia makan sebelum membuat gambaran mahluk mahluk di bukunya. apakah dia mabok atau memang otaknya ada kelebihan protein.

ya betul ini adalah buku puisi dari Shel Silverstein, judulnya Runny Babbit, ini buku terakhir yang ditulis Silverstein dan diterbitkan (2005) setelah dia meninggal (1999). sayangnya buku ini kehilangan dust jacketnya, saya memang suka untuk melihat kejutan cover di balik dust jacket, tapi klo dust jacketnya hilang, hilang juga unsur kejutannya, hm..

buku ini berisi puisi puisi tentang kumpulan hewan yang tidak dapat mengucapkan kata dengan benar, di pengantar ceritanya dijelaskan seperti ini, "way down in the green woods, where the animals all play, they do things and the say things in different sort of way- instead of sayin' "purple hat," they all say "hurple pat.""

"buku ini berilustrasikan Maurice Sendak", dan kalimat itu menjelaskan semuanya mengapa saya harus memiliki buku ini. bila saya mencoba melarikan diri dari godaan Dr. Seuss, saya tidak dapat menghindar dari Sendak, saya sudah terlanjur untuk mengkoleksi banyak buku baik karangannya, berilustrasikannya, bahkan yang hanya memiliki cover karyanya.

cerita di buku ini dikarang oleh Charlotte Zolotow, bercerita tentang seorang gadis kecil yang meminta bantuan tuan kelinci untuk mencari hadiah ulang tahun untuk ibunya. sebenarnya saya juga mengumpulkan versi penerbit yang berbeda juga (walaupun judulnya sama), tapi karena uang saya terbatas, maka tadi walaupun ada beberapa versi penerbit yang berbeda saya tidak dapat membelinya :'(

buku ini sudah pernah saya foto foto di postingan saya sebelum ini, tapi waktu itu saya masih meminjamnya dari teman saya. dan sekarang saya membelinya juga.

buku ini karangan Il Sung Na, sudah diterjemahkan dalam bahasa indonesia. kisahnya sederhana, tetang hewan hewan yang tertidur.

saya sebenarnya agak iseng membeli buku ini, saya hanya tertarik pada judulnya, "Shiva, Lord Of The Dance" dan tampilan buku kecil ini.


karena saya belum membaca buku ini secara serius jadi saya belum mengerti isi buku ini.

dan buku terakhir, tidak beli tapi dipinjam dari perpustakaan untuk menyusun skripsi, tentang berbagai macam pemberontakan di negara dunia ketiga, salah satunya di Chiapas, Mexico, yang akan menjadi topik skripsi saya.

maka doakan saya agar skripsi saya lekas selesai.

sekian pendapatan saya hari ini, mungkin saya akan berbagi cerita tentang buku buku lagi di lain hari.

Minggu, 22 Mei 2011