Minggu, 30 Mei 2010

menonton sirkus

adalah ide terbaik untuk menutup semester ini.

semua orang pasti punya bayangan tentang sirkus. dari bunga yang membayangkan sirkus dari permainannya di komputer, gita membayangkan sirkus seperti adegan di film batman forever. sedangkan bagi saya sirkus mengingatkan saya pada fantasi seksual pertama saya ketika masih sd, tapi bukan ini yang akan dibahas lebih lanjut.

ide menonton sirkus adalah ide boit, dia melihat mobil sirkus di jalan dan meminta mas tri mengejarnya, sampai mereka mengetahui lokasi sirkus itu, lapangan batu nunggal. dan ketika bertemu saya di omu, dia mengajak saya, dan saya mengajak tika dan gita.

di hari kamis (27 mei) jam 5 sore kami pun berangkat dari omu, ciumbuleuit, berharap untuk menonton pertunjukan jam setengah 7 sore. tapi jalan macet tidak mengijinkan kami, kami sampai lapangan batu nunggal jam 7 lebih, dan kita menunggu untuk pertunjukan berikutnya, jam 8.



jadi sambil menunggu pertunjukan jam 8 kita berfoto foto dulu.


ini adalah jadwal pertunjukannya, tapi saya lupa sirkus ini main sampai tanggal berapa.

bunga yang asik makan popcorn, dari ciumbuleuit dia sudah tak sabar menonton sirkus.

bunga sempat membuat anak anak kecil lain sirik, karena bunga sudah dapat tiket sedangkan yang mereka belum.

menunggu masuk.

difoto bunga yang punya cita cita jadi fotografer.

panggung sirkus, waw.
tika bergaya sebelum pertunjukan dimulai.

gita ikutan, sembari membayangkan dick grayson (robin).

dan pertunjukan dimulai.


ada badut yang suka ngerjain orang, selera humornya cukup bagus.

burung yang bisa berhitung.

persiapan trapeze.



walaupun penampilan gajah gajah ini bagus, tapi sambil menyaksikannya saya teringat tentang cerita cerita tindakan kejam terhadap binatang sirkus. saya berdoa agar nasib mereka tidak seburuk cerita yang pernah saya dengar.


atraksi orang loncat loncat melalui lingkaran.


harimau harimau ini sangat menakutkan, ada satu yang bisa tiba tiba manjat tiang.

simpanse ini sangat lucu. kerennya sehabis naik motor, helmnya langsung dilempar.

pertunjukan sepeda yang bisa mengangkut sampai 12 orang.


sehabis pertunjukan, berjalan ke mobil saya merasa tenda sirkus yang basah tersiram hujan nampak seperti pohon natal, saya sangat suka melihatnya.

oh oh, tips bagi teman teman yang mau nonton sirkus ini:
- rencanakan baik baik dari waktu pergi, hati hati macet di jalan.
- beli aja tiket yang paling murah, 20ribu rupiah, karena (ini berdasarkan pengalaman saya menonton yang baru sekali) sehabis masuk tidak ada penjaga yang memeriksa tiket, jadi kalian bisa pindah ke kelas kelas lain yang lebih asik posisinya.
- arah pergerakan di panggung adalah berlawanan jarum jam, ini berpengaruh kalau kalian hendak mengambil foto, duduklah di sisi sebelah kiri panggung.
- jangan pegang harimau. mereka lucu, tapi jangan!

Sabtu, 29 Mei 2010

stop thinking


by Eckhart Tolle
illustrations by Patrick McDonnell
from book Guardian of Being

Rabu, 26 Mei 2010

malam mingguan

malam minggu yang lalu (22 mei) saya menonton coup de neuf di bumi sangkuriang. ini merupakan coup de neuf kedua yang saya saksikan.

saya pernah menonton frau di jakarta, dan waktu itu menurut saya penampilannya bagus, jadi saya berniat untuk menontonnya lagi. kali ini saya juga mengajak tika yang suka frau tapi belum pernah menontonnya langsung.

sebelum acara itu saya sudah bertemu dengan lani (frau) dan pasangan duetnya ugo (melancholic bitch) yang nongkrong di omuniuum, lalu juga ada menyusul datang teman teman kongsi jahat dan wok the rock yang juga pasangan duet frau.

saya datang saat band ketiga, moday math class main. dan saat gufi dari kongsi jahat menyetting oskar (piano elektrik) untuk frau, para penonton berdiri semua, saya heran, ini seperti menoton pertunjukan punk rock. saya sempat bercanda sama akbar, "bar ini mah mau nonton a stone a, bukan frau.". tapi akhirnya saat frau sudah di panggung dia meminta penonton untuk duduk.

lagu pertamanya i am sir, baru mulai main tika sudah berbisik, "merinding dengernya".

lalu lagu kedua intensity, intimately, lagu ini ada di album frau, tapi sebagai video. lagu ini langsung dilanjutkan dengan lagu mesin penenun hujan.



saya lupa lagu apa saja sayang dibawakan, dan saya hanya merekam beberapa lagu. di lagu rat and cat, frau berduet dengan wok the rock yang berhasil memerankan kucing dengan bagus sekali.



dan sebagai penutupnya frau mengcover lagu iggy pop, loco mosquito.



yay!

dan bonusnya adalah menonton tika and the dissidents.



dan mereka mengcover nirvana.



begitulah malam minggu yang menyenangkan bagi saya, sebenarnya malam itu belum selesai, karena sepulang dari bumi sangkuriang ada acara nonton film horor dan icip icip bir.

Selasa, 18 Mei 2010

belanja

siang hari tadi sehabis ujian saya pergi ke omuniuum, niatnya hanya untuk menyampul buku through the looking-glass saya yang sampulnya rusak, dan habis itu pulang. ternyata disana malah ngobrol tentang putus kuliah dan tukeran film sama dito dan akhirnya diajak boit pergi belanja. rencana untuk hanya (sekali lagi hanya) sebentar di omu gagal.

dan inilah buku buku hasil belanjaan saya:

yang pertama adalah a series of unfortunate events: the puzzling puzzles. saya sangat suka sekali serial a series of unfortunate events karangan lemony snicket, saya mulai mengkoleksinya edisi terjemahannya waktu sma, namun di nomer keberapa (saya lupa) sempat berhenti. entah kenapa penerbitnya tidak meneruskannya, baru diteruskan lagi sampai tamat tahun ini, seingat saya, saat jilid 13 (terakhir) terbit. saya menyukai cara snicket menulis ceritanya yang punya beberapa ciri khas. saya hanya kurang jilid ke-11, ayo ada yang mau nyumbang?

oh ya buku ini berisi teka teki buatan snicket, masih ada hubungan dengan serial karangannya. walau isinya tidak dihiasi ilustrasi brett helquist (faktor kuat lainnya mengapa saya suka serial ini) namun memilki kadar humor dan misteri khas snicket yang cukup tinggi.

kedua kalung dari teman karangan afrizal malna. bisa dibilang saya menyukai puisi puisi (bukan esay!) malna. berawal dari seorang teman bernama vai yang meminjamkan buku kumpulan puisi malna berjudul di dalam rahim ibuku tidak ada anjing (oh ya, ilustrasi sampul buku ini sangatlah cantik), dan saya menyukai puisi puisinya, walau tidak mengerti artinya.

dan tadi waktu saya melihat buku malna ini saya langsung teringat teman saya itu. belum baca isinya, tapi tidak jauh jauh dari rangkaian kata kata malna yang ajaib. tapi kondisi bukunya agak memprihatinkan, karena sepertinya pernah kebanjiran setengah.

berikutnya adalah komik batman. saya sangat menyukai batman, dan biasanya bila sedang berjalan jalan ke tempat penjualan komik bekas, komik komik batman terbitan misurind selalu jadi incaran saya.

yang agak lucu adalah komik batman kedua. karena itu secara teknis tidak bisa dibilang komik. sebenarnya buku itu merupakan album foto potongan dari film dengan teks cerita, dan yang paling hebat adalah potongan film batman buatan filipina aslinya berjudul fight! batman! fight! dengan sutradara romeo n. galang, jadi semua model pemeran cerita batman itu adalah orang filipina. jika kalian penasaran dan meminta mungkin akan saya scan.

selanjutnya adalah komik robocop, saya sebenernya tidak terlalu tertarik, tapi karena si penjual komik batman di atas tidak punya kembalian akhirnya saya menambah kedua komik ini. pilihannya adalah g.i. joe (yang disebut penjualnya sebagai jijo) wolverine dan beberapa komik lain yang agak ga jelas.

grendel tadinya boit yang beli, tapi ada yang robek dalemnya jadi diberikannya ke pada saya. lumayan bagus sampulnya.

dan from hell. waw sebenarnya agak janggal melihat komik karangan alan moore dan eddie campbell ini di tempat ini. sayangnya ini hanya bagian ke-9 dari komik yang menceritakan tentang jack the ripper. oh ya sebenarnya saya sudah punya versi digitalnya, tapi males bacanya.

deni manusia ikan, entah kenapa tertarik untuk membeli komik ini. komik ini merupakan terjemahan dari fishboy: denizen of the deep karya scott goodall dan digambar oleh john stokes.

dan megaloman, salah satu penemuan yang cukup aneh lagi hari ini. megaloman adalah serial tv di jepang tahun 1979. dan komik ini sepertinya buatan orang indonesia, karena gambarnya mengingatakan saya pada komik tentang pahlawan nasional yang dulu sering saya dapat waktu kecil.

banyak yang bilang teguh santosa merupakan salah satu tokoh komik indonesia yang hebat. dan ternyata setelah saya lihat gambarnya memang sangat berkualitas. kedua komik ini adalah komik teguh santosa pertama saya, judulnya pilar dahana dan perebutan mustika amaran jali.

saya tidak tau pasti kenapa say beli komik flash gordon ini, mungkin tadinya mikir untuk melengkapi koleksi flash gordon yang satunya lagi, tapi ternyata gambarnya tidak sebagus gambar alex raymond, hmm,, agak kecewa, tapi ok.

begitulah hasil belanja saya hari ini. oh ya selain saya boit juga membeli beberapa buku bagus untuk dijual, antara lain ada dostoyevsky yang crime and punishment dan mary shelley yang frankenstein, dan beberapa buku lainnya yang saya lupa. jadi ada baiknya bila kalian datang ke omuniuum untuk melihatnya, karena percayalah pilihan boit jauh lebih bagus daripada saya.

Senin, 17 Mei 2010

Lorong zine #1 dengan moto dari oleh dan untuk fans koil

repost dari megaloblast.



ada beberapa ulah yang saya buat dan masuk, uhui.

silahkan didownload dari sini.

Rabu, 12 Mei 2010

Lech Walesa

siang tadi (rabu 12 mei) saya memaksakan diri hadir ke universitas paramadina jakarta untuk mengikuti kuliah umum oleh lech walesa.

saya sebenarnya baru mengenal sosok ini beberapa bulan yang lalu. waktu itu saya mendownload film memperingati 25 tahun gerakan solidarnosc di polandia, filmya seperti 9808, jadi ada banyak cerita (saya lupa istilahnya, maaf). di film memperlihatkan bagaimana perjuangan serikat buruh pelabuhan yang menentang rezim komunis uni soviet di polandia. dan mereka mengadakan pemogokan yang berhasil tahun 1980. untuk cerita jelasnya bisa lihat di wikipedia.

dan beberapa kali dosen saya menyebutkan klo lech walesa (pemimpin gerakan solidarnosc) merupakan salah satu tokoh yang menyebabkan perang dingin berakhir. dan dibandingkan tokoh tokoh lainnya (klo ga salah inget adalah mikail gorbachev, paus yohanes paulus kedua, sama ronald reagan) lech adalah tokoh yang tengah tengah, dia adalah pemimpin serikat buruh yang anti komunis dan taat pada agamanya (yang kebetulan katolik roma). dan yang paling penting buat saya adalah gerakan yang dia buat punya logo yang sangat keren. itu yang paling membuat saya tertarik dengan lech walesa. cerita lebih lengkap tentang lech walesa bisa juga dilihat di wikipedia. oh ya tambahannya klo males buka wiki, dia pernah jadi presiden polandia dan juga pernah menerima hadiah nobel perdamaian.


awalnya saya sempat ragu untuk datang, karena saya sendirian, seorang teman yang saya tidak akan sebutkan namanya (tapi namanya adalah bram) tadinya (saya pikir) mau dateng bareng ke acara itu, tapi dia ternyata harus bertugas di bandung. tapi akhirnya saya datang juga.


acaranya ternyata dipercepat, tapi untungnya pas saya datang baru sambutan dari rektor paramadina. lech mengawali ceramah atau kuliah (yang dibilangnya sebagai encouragement) dengan berkata, "saya tidak yakin anda semua mau mendengar kisah hidup saya, apalagi saya sebagai seorang politikus. karena waktu saya seumuran kalian saya juga males denger omongan politikus, membosankan." semua orang tertawa, hm,, ok awal yang bagus. oh ya penampilan fisik dari lech juga sangat ramah tidak terkesan seram atau membosankan.


dia menekankan pentingnya generasi sekarang mengetahui benar apa masalah yang dihadapinya. generasi sekarang tidak dapat mengikuti perjuangan generasi yang lebih tua, karena pasti persoalan yang dihadapi lain. di mengilustrasikannya dengan lucu, "bila ayah saya bangkit dari kubur dan bertanya bagaimana keadaan eropa sekarang. maka saya akan bercerita tentang eropa yang tanpa batas, eropa yang tidak saling berperang, eropa yang tidak banyak tentara berjaga jaga di sudut sudut jalan. tapi belum selesai saya menceritakan itu, ayah saya pasti akan mati lagi karena kaget mendengar cerita saya."

dia juga menceritakan masalah yang dihadapinya waktu masanya dulu, yaitu masuknya tentara soviet ke dalam polandia dan juga mengepung polandia dari luar, ditambah lagi ancaman nuklir. dan apa yang membuat mereka bisa berhasil adalah semangat solidaritas atau solidarnosc, yaitu semangat untuk saling membantu meringankan beban.

ketika ditanya soal bagaimana menjalankan demokrasi yang benar di indonesia, lech bilang klo menjalankan demokrasi itu seperti belajar berenang, kita tidak bisa membeli semua buku dan mengikuti pelajaran tentang teknik berenang dan langsung bisa berenang. "saya berani taruhan bila orang belajar renang secara begitu, pada saat pertama kali dia terjun ke air pasti tenggelam." cara yang di sarankan lech adalah mencobanya perlahan lahan, seperti berenang mencoba tempat yang dangkal terlebih dahulu lalu semakin dalam dan lancar.

lech juga dapat menjelaskan soal perburuhan dengan gampang. menurut dia ada tiga faktor dalam masalah perburuhan, buruh atau serikat buruh, perusahaan atau pemilik modal dan negara sebagai pembuat peraturan. apa yang dibutuhkan hanya komputer, ditampung semua apa yang menjadi tuntutan buruh dan pengusaha dan pemerintah mengeluarkan regulasinya. klo ada yang melanggar tinggal dilihat di komputer tidak perlu pakai emosi dan tindakan emosional.


sebenarnya banyak hal yang ingin saya ceritakan, tapi karena kemampuan saya untuk menulis terbatas, jika kamu masih penasaran nanti lain kali saya ceritakan, hihihi..

oh ya hal lain yang membuat saya kagum (dan geli) adalah setelah penyerahan cendera mata dari pihak kampus, lech meminta agar semua peserta berfoto bersamanya, dan lech walesa tampak seperti santa klaus di tengah tengah mereka, hahaha..


dua buku yang jadi pegangan akhir akhir ini

yang ini isinya tentang bagaimana cara ngerjain orang lain.

yang ini isinya bagaimana caranya berpenampilan oke.

keduanya nanti akan saya bahas, tapi nanti.

Sabtu, 08 Mei 2010

Rabu, 05 Mei 2010

pura pura sibuk

akhir akhir ini saya memiliki banyak sekali ide di kepala saya. namun sayangnya hanya beberapa yang berhasil saya wujudkan.

dua ide yang berhasil saya wujudkan adalah

250ribu atau 500 kali 500

500 x 500 adalah sebuah proyek iseng dan menyenangkan yang awalnya dilakukan Itbo dan Feransis (yang nantinya mungkin kamu juga ikut melakukanya dan bergabung juga).

Apa yang kami lakukan adalah sekedar mengambil foto dari benda benda sederhana yang kami miliki atau yang ada di sekitar kami, dan memiliki arti tertentu bagi kami. Lalu kami mengcrop foto itu seukuran 500 x 500 pixel.

Kami tidak mendasari 500 x 500 atas pemikiran atau mazhab tertentu dari ilmu fotografi manapun. kami melakukan ini karena kami merasa ingin melakukannya. Kami orang biasa yang merasa fotografi adalah hal sederhana dan praktis, mengutip Helmut Newton, "Look, I'm not an intellectual - I just take pictures.

awalnya saya memiliki keinginan untuk mendokumentasikan memori saya terhadap benda benda yang punya arti lebih bagi saya (karena pada dasarnya saya orang yang sangat sentimentil, maka saya punya banyak benda yang berarti).

caranya adalah dengan memotonya, namun saya membatasi luas yang tertangkap oleh kamera (nantinya menggunakan bantuan komputer) hanya 20cm x 20cm, dan saya ingin benda benda itu tampak 2 dimensi. karena pertama otak kita memiliki batas, itu kenapa saya memilih ukuran 20cm x 20cm dan apa yang kita bayangkan berwujud 2 dimensi.

ketika saya mengajak boit, dia mau ikutan dan saya tidak mungkin memaksa dia mengikuti cara yang saya lakukan, pada disepakati bahwa ukuran foto akan dicrop 500pixel x 500pixel.

proyek ini sangat membantu saya menenangkan diri, karena setiap pagi saya selalu memikirkan benda apa yang akan saya foto hari ini.

sedangkan satu lagi adalah

mati di tiang

mati di tiang (means dead on the pole) is an online portfolio by feransis.

he influenced by bible, black metal, dark images, great artists and 'bellum omnium contra omnes'.

ini sebenarnya merupakan kumpulan gambar gambar dan foto foto saya dari lama, saya melihat semuanya memiliki kesamaan yaitu menampilkan sisi gelap setan setanan.

mudah mudahan kedua proyek saya ini dapat terus berjalan.

kalian dapat melihatnya di

250ribu.blogspot.com
matiditiang.blogspot.com

Selasa, 04 Mei 2010

This Mess We're In

Night and day
I dream of
Making love
To you now baby
Love making
On screen
Impossible dream
And I have seen
The sunrise over the river
The freeway
Reminding of
This mess we're in
And ooooh...


What were you wanting / What was that you wanted
I just wanna say
Don't ever change now baby
I'd thank you
I don't think we will meet again
And you must leave now
Before the sun rises
Over the skyscrapers
And the city landscape comes into view
Sweat on my skin
Oh
This mess we're in
Ooooh...


P.J. Harvey and Thom Yorke - This Mess We're In