Jumat, 29 Januari 2010

if you think you shouldn't, dont


by Adair Lara
illustrations by Roxanna Bikardoroff
from book Normal is Just a Setting on the Dryer

Sabtu, 23 Januari 2010

papercraft koil lainnya

dulu saya pernah membuat papercraft dengan gambar sampul album megaloblast dari salah satu band favorit saya koil. kemarin saya menemukan template yang cocok dengan gambar itu lagi, namanya stage.

tampak depan, setelah saya pikirkan, karakter ini seperti anak hip hop yang salah beli sweater koil, hihihihi,,,

nampak belakang, berusaha mungkin menyerupai sweater koil asli dengan menambahkan bintang terbalik di hoodienya.

topi yang dipakai juga sangat koil, hihihihi,, dia memakai topi dari god inc.

oh ya, design stage ini dibuat oleh seorang artis belanda bernama Maarten Janssens di webnya bernama 3eyedbear. kalian bisa membuat papercraft ini dengan mendownloadnya dari sini.

saya tak akan bosan membuat papercraft dengan gamabar album megaloblast.

Sabtu, 16 Januari 2010

gundam rx-78 hitam

sebenarnya saya selalu memiliki keinginan untuk merakit gundam. namun berdasarkan pengalaman saya merakit model kit, selalu saja ada masalah dalam proses tersebut, entah bagian kecil yang hilang atau patah, lem yang belepotan dan pengecatan yang acak acakan. jadi saya kerap kali mengurungkan niat untuk membeli model kit gundam atau lainnya.

lebaran tahun lalu saya sangat terispirasi mike sutfin yang menggambar rumble monster, saya berpikir melakukan hal yang mirip seperti itu. dan saya menemukan model kit gundam rx-78, figur gundam yang menurut saya lebih keren dari kebanyakan gundam lainnya, klasik. saya pun memulai proses perakitan dan pengecatan, namun yang terjadi adalah kekacauan yang membuat rx-78 itu jadi jelek. gagal total. rx-78 itu saya simpan dalam kotaknya dan tidak saya lihat lihat lagi.

sampai kemarin saya memiliki ide untuk mengecat model kit dengan skala 1:144 dengan cat hitam, semuanya. maka inilah yang terjadi.


rx-78 merupakan gundam yang ikonik, selain ini juga merupakan gundam yang paling awal. muncul di film gundam pertama tahun 1979, mobile suit gundam, disutradarai oleh yoshiyuki tomino. pada tahun 2009 yang merupakan ulang tahunnya yang ke 30, di tokyo dibangun figur rx-78 setinggi 18 meter, yang dipajang dari bulan juni samapi september.

sebenarnya informasi yang saya tuliskan ini cuma mengcopy wikipedia, jadi kalian bisa membacanya sendiri juga.

dengan cat hitam doff, saya ingin membuat rx-78 tampak memiliki aura gelap. saya mengecatnya berulang kali, sehingga muncullah efek seperti berkarat.


detail punggung. pedangnya saya cat merah, biar tidak polos hitam semua, trus biar saya keliatan punya skill ngecat sedikit, hihihihi.. tapi bagian yang paling saya suka memang pedang itu, keliatan seperti lightsaber.


tameng, yang tanda salibnya saya cat merah.


detail pistol.


rx-78 saya dengan kotaknya dengan warna cat yang seharusnya (kenapa saya tidak dapat membuatnya seperti itu??).

Minggu, 10 Januari 2010

mecha godzilla dan space godzilla dengan remote control

keisengan berlebih membawa saya ke sebuah toko mainan di hongkong. toko mainan ini kecil namun di dalamnya terdapat banyak sekali harta karun. banyak mainan, lama yang sudah jarang ditemui di toko mainan lain, bisa didapatkan di sini, khususnya jenis model kit (mainan yang harus dirakit dulu). banyak jenis gundam dan super robot, seperti mazinger, great mazinger, getter robo, gaiking, dan lainnya. saya jarang menemukan model kit dari serial super robot soalnya klo lagi di jakarta atau bandung.

juga ada model kit seri mobil mobilan dan yang tidak pernah saya lihat sebelumnya adalah seri horror (mobil mobilan dengan tengkorak yang punya tangan keluar dari dalam mulutnya).

ada juga robot robotan kuno yang dapat berjalan, berputar dan mengeluarkan suara, sayangnya saya tidak mempunyai uang cukup saat itu(sial!!!), jadi saya tidak dapat membawanya pulang.

ada juga boneka tangan berbahan karet dari garamon, kaiju musuh ultraman Q, awalnya saya sempat ingin membelinya, namun saya lebih memilih mainan lain.

saya memilih tentu saja yang berhubungan dengan mahluk kesayangan saya, godzilla. saya memilih membeli mecha godzilla dan space godzilla yang memakai remote control berkabel, hihihihi.

mungkin toko mainan ini jarang didatangi orang, sehingga kebanyakan barang yang dijual kebanyakan barang lama, plastik kemasan mainan saya sudah berwarna kekuningan.

mecha godzilla dengan remotenya yang sederhana, cuma bisa maju dan mundur.

roda bawahnya. roda mecha godzilla agak sering macet.

detail cat dan bentuk pada mecha godzilla, tidak terlalu bermasalah.

namun pada space godzilla agak bermasalah, ada beberapa bagian yang catnya tidak rapi.

copyright toho pada bagian bawah. biasanya mainan godzilla tertulis nama yang penciptanya yaitu Tsuburaya (Eiji Tsuburaya), namun kedua mainan ini tidak memiliki tanda itu.


percobaan menjalankan space godzilla

mainan ini bermerk scratch, tapi saya tidak menemukan informasi tentang perusahaan ini di internet. informasi tambahannya mainan ini produksi tahun 1998.

stiker peringatan yang mungkin dibuat importir mainan ini, karena saya tidak yakin itu alamat toko tempat saya membeli mainan ini. oh ya, toko mainan ini saya tidak tahu namanya, karena bertuliskan bahasa mandarin, alamatnya pun tidak jelas, namun yang pasti letaknya di samping hotel ramada hongkong (bukan yang kowloon), alamatnya 308 des voeux road west.

untuk informasi tentang kaiju dan mecha ini lain kali saja ya ah, hihihihihi..

Sabtu, 09 Januari 2010

ganti poster


beberapa tahun belakangan ini dinding sebelah kasurnya tergantung dua buah poster, yang satu adalah poster yang saya dapat waktu beli holga, yang satu kalender van gogh yang saya potong.

namun tadi pagi saya merasa bosan melihat poster poster itu khususnya yang holga. saya pun membongkar koleksi poster saya, dan saya memutuskan untuk mengganti kedua poster tadi dengan poster chairil anwar dan kiss. tidak nyambung memang, tapi siapa yang peduli?

namun setelah diukur ternyata poster kiss tidak lah muat dipigurakan. hm, akhirnya saya tidak mengganti poster van gogh, hanya mengganti poster holga dengan chairil anwar. setelah dipajang dan saya pikir pikir kedua tokoh itu cukup memiliki kecocokan.

oh ya, poster chairil itu saya beli di bengkel buku yang terletak di pojokan bioskop taman ismail marzuki, cikini, jakarta. harganya klo ga salah 25ribu rupiah.

where the wild things are


pendaman perasaan saya untuk menyaksikan film ini akhirnya muncrat juga tadi pagi, sehabis mendownloadnya di internet.

namun apa yang saya harapkan dan yang terjadi di dalam film agak melenceng.

saya mengharapkan keceriaan namun yang terjadi adalah penanaman nilai nilai filosofis tentang sebuah akhir, yang membuat film ini terlalu gelap buat saya. buat saya inti film ini adalah hubungan yang ringkih antara anak kecil dan monster monster yang labil.

jika kamu suka film monster monsteran atau kaiju film ini cocok untuk kalian, tapi jika kalian tidak mengharapkan adanya radiasi nuklir, pesawat luar angkasa atau iguana yang menjadi tupai.

oh ya, keterangan lainnya adalah:
- film ini diadaptasi dari sebuah buku cerita bergambar anak anak berjudul sama yang dibuat oleh maurice sendak di tahun 1963.
- film ini disutradarai spike jonze, dirilis tanggal 16 oktober 2009.
- soundtracknya bagus, oleh karen o dan paduan suara anak anak liarnya.
- kalian bisa nonton sendiri (link dari isengaje)
http://rapidshare.com/files/323970568/wtwta._isengaje.com_.part1.rar
http://rapidshare.com/files/323971446/wtwta._isengaje.com_.part2.rar
http://rapidshare.com/files/323972236/wtwta._isengaje.com_.part3.rar
http://rapidshare.com/files/323972543/wtwta._isengaje.com_.part4.rar

Rabu, 06 Januari 2010

selamat tahun baru yang telat

diringi doa doa, kesukacitaan dan kegembiraan yang tak terkira kebun selama pisangnya, dengan perasaan bersalah karena telat, mengucapkan selamat tahun baru 2010. berdoa agar kita semua sekalian dapat melalui tahun ini dengan penuh suka cita dan tetap suka cita lah walau menghadapi tantangannya.

kaset sixtols


rebel music
1999

01. sixtols
02. skinhead
03. united skins
04. broken dreams
05. suffering world
06. love song
07. honour and pride

download di sini.