Senin, 27 Juli 2009

Yang Terkasih Tuan Arsenik

seorang gadis kecil berhenti di hadapan saya pagi ini, ia menyerahkan kepada saya secarik kertas, "berikan kepada dia, ini surat cinta." katanya. "untuk siapa?" tanya ku, namun ia terlanjur berlari pergi.
setelah saya baca, inilah isinya.

kepada yang terkasih tuan arsenik,

yang terkasih tuan arsenik, ceritakanlah pada ku kisah kisah mu.
ceritakan kisah tentang jalan mu yang membawanya pergi.
kisah tentang rasa cinta, tentang rasa cinta sesama manusia dan cinta negara yang sering tidak sejalan.
yang terkasih tuan arsenik, ceritakan juga tentang rahasia gelapnya awan yang masih menyelimuti penerbangan malam itu sampai saat ini.
kisah tentang kepahlawanan, keberanian manusia luar biasa yang berani mengambil jalannya.
juga tentang rasa takut, rasa takut yang selalu menjadi sumber segala dosa, makanya pemuka agama ku pernah berkata, jangan takut.
yang terkasih tuan arsenik, kamu juga tak perlu takut, ceritakan kisahmu pada ku.

salam sayang,

gadis kecil

Jumat, 24 Juli 2009

BUTUH LEBIH BANYAK RUANG!!!





Cover Baru Natural Born Killers

Woody Harrelson versus Ultraman Tiga


Woody Harrelson versus pajangan tembokmaaf kepada Woody Harrelson, Ultraman Tiga

Sabtu, 18 Juli 2009

Gadis Kecil Berbaju Kuning dan Balon Merah*

Seorang gadis kecil berbaju kuning dengan balon merahnya yang berisi gas hidrogen berlari lari kecil ditengah padang rumput.

Balon merah yang dapat terbang itu melirik ke arah gadis kecil. “Aku ingin bebas,” keluhnya dalam hati yang juga berisi gas hidrogen.

Balon merah itu pun memberanikan dirinya untuk bertanya kepada gadis kecil, “Hei gadis kecil, mengapa kamu selalu memegang tali yang mengikatku?”.

Gadis kecil yang sedang berlari kecil itu pun berhenti sejenak, menatap heran balon merah itu, lalu berpikir sejenak dan menjawab “Mungkin bila aku melepaskan ikatanmu, kamu akan terbang sampai luar angkasa, balon.”

“Sebenarnya aku juga ingin bebas seperti kamu gadis kecil, bisa bermain main sepanjang hari.”

“Oh, tidak tahu kah kamu balon, bahwa kamu sangat lemah. Aku tidak ingin dan tidak bisa melihat sesuatu yang buruk terjadi padamu balon.”

“Sesuatu yang buruk seperti apa yang dapat terjadi padaku?”

Gadis kecil itu menarik balon merah itu dan berbisik kepadanya, “Kamu harus berhati hati, sebab di padang rumput ini banyak benda tajam tersembunyi yang bisa mencelakakan kamu." gadis kecil itu menunjuk bukit di utara mereka, "Lihat di sebelah sana. Ada kaktus kaktus yang memiliki berpori-pori lancip, mereka tidak segan untuk memecahkanmu. Di sebelah sana juga ada ratu lebah dan pasukannya yang selalu berpatroli membawa pedang yang dapat mematikanmu.”

“Tapi aku ingin bebas. tidak ada lagi yang aku inginkan di dunia ini selain kebebasan, dan aku akan sangat berterima kasih jika kamu membebaskanku.”

Gadis kecil itu pun berpikir sejenak, lalu memandang balon merah dan tali ikatannya yang masih tergenggam di tangannya.

“Baiklah, memang bukan aku yang berhak untuk mengikatmu selamanya. Selamat tinggal balon, berhati hatilah dengan kebebasanmu.”

Gadis kecil itu perlahan melepaskan genggamannya, balon merah itu pun terlepas melayang perlahan. Balon itu berteriak sebelum terlalu jauh, "Terimakasih! Aku tidak akan melupakanmu gadis kecil!"

Makin tinggi balon itu hingga hampir melewati awan, sampai sekawanan gagak yang menuju ke arah selatan melewati balon merah itu, menabraknya sampai balon merah itu akhirnya meletus.

Gadis kecil berbaju kuning itu hanya terdiam, matanya berkaca-kaca sembari menyaksikan temannya yang berwarna merah itu terjatuh perlahan lahan dengan langit biru menjadi latar belakangnya.


*sebenarnya ditulis untuk Klab Menulis Media Parahyangan namun telah saya ubah sedikit disana sininya, kalau mau membaca aslinya yang di tambah embel embel "..Sebuah cerita tentang kebebasan.." entah oleh siapa bisa dilihat di sini.

Rabu, 15 Juli 2009

Monster Pterodactyl Karet

pada sebuah layar komputer di omuniuum, tepatnya tempat mas tri biasa bekerja ada seekor monter bersayap dan di paruhnya terletak catatan "Acisss.... Take me Homeeee...." waw ada seseorang memberikan saya sebuah mainan monster monsteran dari karet.

ternyata seseorang itu adalah evan atau avefun penggiat Recycle Experience, seorang teman yang juga memiliki ketertarikan yang sama terhadap mainan.

Pterodactyl ini memiliki tinggi 8,5 inci berbahan karet warna biru dan disemprot cat kuning agak asal. (layar monitor tempat pterodactyl itu berdiri dalam foto adalah monitor saya bukan monitor mas tri)


di bawah paruh ada merek Gigantor, namun tampaknya tidak ada hubungan dengan anime Gigantor. sampai sekarang saya tidak tahu informasi tentang karakter pterodactyl ini.

Kamis, 09 Juli 2009

Eko Nugroho - Happy Ever After

saya telah menjadi penggemar karakter karakter yang diciptakan Eko Nugroho sejak lama. karakter manusia yang sedikit dihilangkan kemanusiaannya, lalu ditambal oleh perangkat robot atau mesin. manusia berkepala cerobong asap, bermata empat atau bertangan capit adalah ciri ciri karakter ciptaan Eko. mungkin karakter karakter tersebut merupakan gambaran dari manusia yang sedang menuju jaman kemodernannya, namun masih tersangkut sisi sisi tradisionalnya.

Eko juga terkenal untuk gagasannya yang menciptakan komik Daging Tumbuh, komik yang berbentuk fotokopi yang membebaskan orang orang untuk berpartisipasi dan membajaknya.

dan oleh itu saya pun memesan patung resin karyanya. tidak murah memang untuk ukuran mahasiswa seperti saya, namun daripada untuk membeli mainan karakter karakter designer luar negeri, saya lebih memilih patung resin berukuran sedang ini, produksi tahun 2009.

saya memilih menyebutnya patung resin, karena mainan ini memang seperti patung, tidak memiliki satu bagian pun yang dapat bergerak.


kemasan yang berhias artwork Eko.


bagaimana patung resin ini dikemas adalah sangat aman, karena dilapisi bubblewarp.


jadi ini isinya, yess.. berukuran tinggi 20cm, lebar kesamping 13cm dan lebar kebelakang 10cm.


tampak depan.


tampak belakang, bermuka dua.


detail muka, bermata empat.


detail perut, bahu dan tangan kiri. semua permukaan diwarnain oleh tangan (hand painted).


bahu dan tangan kanan yang bercapit


cat pada celana.


diberi nomer dan tanda tangan pada permukaan kaki.

jika kalian mau juga, kalian bisa menghubungi dan memesan di DGTMB Shop, bukan hanya patung resin ini tapi juga ada karya karya Eko Nugroho lainnya, atau kalian juga bisa melihat ke www.ekonugroho.or.id
dan mungkin kalian akan berbahagia selamanya..

, and the invasion begin,, (wowowowoow)

kiriman paket yang terjadi pada sehari setelah riuh rendah pesta yang katanya demokrasi. mungkin ini kadonya dan saya senang.
pembahasannya akan menyusul..



Rabu, 08 Juli 2009

Barasa!! ketika Booska senang ia meneriakannya, Barasa!!

diantara banyaknya kaiju (istilah Jepang untuk mahluk yang aneh atau monster) yang terkenal seperti godzilla, ghidorah, gamera, mothra dan lain lain, sebenarnya ada beberapa kaiju kurang dikenal banyak orang saat ini. diantaranya ada booska, nama yang terdengar lucu sama seperti sosoknya. booska adalah bintang serial tv (sitcom) yang berjudul sama, serial tv ini tayang pada 9 november 1966 (sebulan setelah debut pertama ultaman berwarna) sampai 27 september 1967, dengan total hanya 47 episode. serial ini sempat populer di Jepang saat itu, puncak ratingnya pernah mencapai 26.4%, yang artinya sekitar seperempat penonton televisi di Jepang menyaksikan acara ini. ini tidak mengherankan karena booska juga diciptakan oleh Eiji Tsuburaya (dan Tsuburaya Productions-nya) yang menciptakan teknik spesial efek hebat untuk film film kaiju dan tokusaku seperti godzilla dan ultraman.

bercerita tentang kehidupan sehari hari keluarga Tonda yang memiliki anak laki yang suka iseng bernama Daisuke. pada suatu hari (episode pertama) Daisuke memberi iguananya makanan eksperimental yang disebut kuropara, iguana itu pun (yang dengan sangat aneh) berubah menjadi mahluk yang menyerupai campuran antara tupai dan jerapah (sekali lagi, aneh sekali...), dan diberi nama booska. booska digambarkan sebagai kaiju yang tingginya hanya sebesar manusia dewasa, tidak seperti kaiju lain pada umumnya.

booska memiliki sumber kekuatan berupa mahkota yang disebut boo-kan, dan dia sangat suka makan mie ramen (bisa sampai 30 mangkok per hari). petualangan gila gilaan terjadi karena booska yang memiliki kemampuan untuk terbang dan menghilang ini bertugas untuk melindungi Daisuke. dan sebagai penjaga Daisuke booska tidak sendiri, dia mempunyai sahabat yaitu chamegon (yang lagi lagi muncul akibat keisengan Daisuke) yang berasal dari tupai. pada episode terakhir booska dan chamegon meninggalkan bumi dengan sebuah roket, namun mereka berjanji akan kembali lagi ke bumi.

pada sebuah pusat perbelajaan di pinggir kota saya mendapat dua figur kecil (3,5 inci) booska dan chamegon berbahan vinyl.

chamegon dan booska!!


mahkota booska, boo-kan.


totol totol di badan booska, detail cat kurang rapi.


detail pada muka, tangan dan pita sepatu chamegon.


saya tidak menemukan informasi oleh perusahaan mana mainan ini diproduksi, terdapat tulisan Tsuburaya (Productions) pada permukaan bawah kaki kedua kaiju itu.


chamegon dalam dua versi, berwarna dan grayscale, wowwow..

tanya saya jika kamu ingin juga, hihihihi...

sumber keterangan:
www.spaceshipnofuture.org
www.kaijuart.com
www. wikipedia.com

Senin, 06 Juli 2009

kaki yang basah

menunaikan kewajiban mencelupkan kaki ke pantai saat liburan.

Sabtu, 04 Juli 2009

Ultraman kecil (Fujiya)

pada suatu hari yang panas terik saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah sahabat saya, novi, kami mengadakan obrolan yang tidak tentu arahnya. sepengetahuan saya, di rumah novi terdapat beberapa mainan tua milik kakak laki lakinya, semuanya tersimpan rapi di lemari samping meja makan (saya ingat betul, karena lemari itu selalu menimbulkan rasa penasaran saya ketika melewatinya saat menuju ke kamar mandi rumah novi), ada pula yang tercecer di atas aquarium yang sama sekali tidak berisi ikan, hanya beberapa patung kura kura dijejer di dalamnya. di atas aquarium ini lah saya melihat ada mainan ultraman kecil dan vampir vapiran kecil.

memberanikan diri, saya coba meminta mainan itu kepada novi dan novi pun menanyakan kepada kakaknya melalui sms, ternyata kakaknya sms kalau mainan mainan itu punya novi. hasilnya sudah jelas kalau kalian berteman dengan novi (yang kebetulan berpaham komunis konsumerisme), novi memberikan dua mainan itu kepada saya.

kedua mainan ini kecil kecil, mungkin dulu terjual bersama permen atau biasa disebut candy toys. mainan ultraman yang saya dapatkan ini berbahan karet, berwarna putih dan berukuran hanya 5cm atau 2inci. pembuatnya adalah Fujiya. Fujiya adalah perusahaan permen yang memberikan bonus ultraman ini, yang menurut informasi tidak pasti, kira kira pada tahun 1989-2003 permen permen berbonus tokoh kaiju dan tokusatsu ini diproduksi.

ultraman karet ini bisa dibilang memiliki detail yang cukup bagus dan rapi (untuk ukurannya yang kecil). jika biasanya mainan sekecil ini memiliki sisa sisa bahan akibat proses cetaknya, ultraman ini hampir tidak memilikinnya.

untuk penggemar ultraman, candy toy ultraman buatan Fujiya ini cukup unik walau pun ukurannya kecil, jadi kalian harus memilikinya. mau tau cari dimana? saya tidak tau, hihihihi,, mungkin kotak koleksi mainan masa kecil kalian masih menyimpannya.


kemasannya yang bergambar ultraman,ultra seven dan musuh musuh mereka, antara lain eleking, red king, king joe dan baltan.


isi terdiri dari kartu keterangan berbahasa Jepang dan ultraman itu sendiri.


detail ultraman, lihat garis yang cukup jelas pada bagian muka, dada dan lengan.


pada bagian punggung terlihat merek Tsuburaya (Productions).


kartu yang kemungkinan adalah pelengkap permainan, terdapat merk Fujiya dan Tsuburaya (Productions).

Rabu, 01 Juli 2009

15 inci Ultraman tiga pink (bootleg)

ketika dihadapkan sebuah pilihan untuk belajar dua ujian atau menulis tulisan ini, keputusan saya bulat, saya menulis tulisan ini. saya akan menulis tentang ultraman tiga berwarna pink yang saya temukan di sebuah toko mainan cina sekitar bulan lalu.

waktu itu saya dan bimo sedang iseng memutari bandung mencari jam meja (niat awal selalu menjadi prioritas terakhir), singgah sebentar di sebuah jalan yang dipenuhi pertokoan. saya yang sejak awal memiliki niat tersembunyi untuk mencari cari mainan memang yang mengararahkan bimo untuk mencari jam meja itu di tempat ini (dan sumpah bim, emang gw pernah liat jam kayak gitu di sana).

pada sebuah toko saya jumpai puluhan mainan mainan ultraman tiga dalam satu kardus, wow wow, ultraman yang cukup besar, dengan besar 15 inci dan berwarna pink transparan, jelas ultraman ini akan menjadi pajangan yang cukup bagus di kamar pikir saya waktu itu.

namun karena ini ultraman tiga yang menyebabkan saya berpikir terlebih dulu, sebenarnya dalam hati kecil saya yang lebih mencari ultraman (yang paling awal), namun akhirnya saya beli juga ultraman tiga itu, yang setelahnya saya ketahui bisa mengeluarkan bunyi dan cahaya, wow wow (untuk yang ketiga dan keempat kalinya).

secara keseluruhan memiliki nilai lebih pada ukurannya yang cukup besar, warnanya dasar yang unik dan kemampuannya untuk mengeluarkan bunyi dan cahaya. namun memiliki keanehan pada proporsi badan dan cat yang kurang sempurna khususnya di bagian lutut dan pergelangan kaki.

kalau kamu memang pecinta ultraman mainan ini bisa jadi koleksi disamping ultraman ultraman kamu keluaran Bandai yang ukurannya mungkin hanya setengahnya.
tanya saya jika kamu ingin juga, hihihihi...

keseluruhan dan bagaimana saya memajangnya dengan posisi demikian, titik atikulasi yang minim membuatnya terlihat sangat kaku (karena itu saya memajangnya dengan posisi seperti itu, soalnya kalau tangannya diturunkan dia terlihat sangat culun, hihihihi).


ketika lampu kamr dimatikan, dan tombol pengaktif ultraman dinyalakan, mengeluarkan bunyi yang awalnya seperti ucapan Jepang tapi diikuti suara sirine dan letusan senjata seperti suara pistol pistolan mainan.


detail dada dan kaki, cat yang kurang rapi, dan beberapa bagiannya kurang rapi dan terkelupas (lihat lutut dan pergelangan kaki).


memiliki dua lampu, di dahi dan di dada. lihat ukuran otot yang agak maksa.