Rabu, 08 Juli 2009

Barasa!! ketika Booska senang ia meneriakannya, Barasa!!

diantara banyaknya kaiju (istilah Jepang untuk mahluk yang aneh atau monster) yang terkenal seperti godzilla, ghidorah, gamera, mothra dan lain lain, sebenarnya ada beberapa kaiju kurang dikenal banyak orang saat ini. diantaranya ada booska, nama yang terdengar lucu sama seperti sosoknya. booska adalah bintang serial tv (sitcom) yang berjudul sama, serial tv ini tayang pada 9 november 1966 (sebulan setelah debut pertama ultaman berwarna) sampai 27 september 1967, dengan total hanya 47 episode. serial ini sempat populer di Jepang saat itu, puncak ratingnya pernah mencapai 26.4%, yang artinya sekitar seperempat penonton televisi di Jepang menyaksikan acara ini. ini tidak mengherankan karena booska juga diciptakan oleh Eiji Tsuburaya (dan Tsuburaya Productions-nya) yang menciptakan teknik spesial efek hebat untuk film film kaiju dan tokusaku seperti godzilla dan ultraman.

bercerita tentang kehidupan sehari hari keluarga Tonda yang memiliki anak laki yang suka iseng bernama Daisuke. pada suatu hari (episode pertama) Daisuke memberi iguananya makanan eksperimental yang disebut kuropara, iguana itu pun (yang dengan sangat aneh) berubah menjadi mahluk yang menyerupai campuran antara tupai dan jerapah (sekali lagi, aneh sekali...), dan diberi nama booska. booska digambarkan sebagai kaiju yang tingginya hanya sebesar manusia dewasa, tidak seperti kaiju lain pada umumnya.

booska memiliki sumber kekuatan berupa mahkota yang disebut boo-kan, dan dia sangat suka makan mie ramen (bisa sampai 30 mangkok per hari). petualangan gila gilaan terjadi karena booska yang memiliki kemampuan untuk terbang dan menghilang ini bertugas untuk melindungi Daisuke. dan sebagai penjaga Daisuke booska tidak sendiri, dia mempunyai sahabat yaitu chamegon (yang lagi lagi muncul akibat keisengan Daisuke) yang berasal dari tupai. pada episode terakhir booska dan chamegon meninggalkan bumi dengan sebuah roket, namun mereka berjanji akan kembali lagi ke bumi.

pada sebuah pusat perbelajaan di pinggir kota saya mendapat dua figur kecil (3,5 inci) booska dan chamegon berbahan vinyl.

chamegon dan booska!!


mahkota booska, boo-kan.


totol totol di badan booska, detail cat kurang rapi.


detail pada muka, tangan dan pita sepatu chamegon.


saya tidak menemukan informasi oleh perusahaan mana mainan ini diproduksi, terdapat tulisan Tsuburaya (Productions) pada permukaan bawah kaki kedua kaiju itu.


chamegon dalam dua versi, berwarna dan grayscale, wowwow..

tanya saya jika kamu ingin juga, hihihihi...

sumber keterangan:
www.spaceshipnofuture.org
www.kaijuart.com
www. wikipedia.com

2 komentar:

  1. Lagi itu di Mandarake ada si Chamegon dan Booska yang gede banget... Dan sepertinya super-collector items karena dipajang di lemari tersendiri gitu.... Dan super mahal tentunya.....

    BalasHapus
  2. hihihihi,, iya, mereka emang kaiju yang aneh. trus klo di sini jarang yang tau juga.

    BalasHapus