Minggu, 11 Januari 2009

tentang kecintaan saya akan fotografi lubang jarum dulu

pada waktu sma dulu saya sempat mencintai kamera lubang jarum. pertama dikenalkan oleh pembimbing ekstra kulikuler fotografi di sma saya. sejak saat itu saya jadi penasaran dan banyak mencoba fotografi lubang jarum. dari kamera yang terbuat dari kaleng, kamera saku yang dibongkar jadi kamera lubang jarum sampai kamera slr yang lensanya dilepas dan diganti lubang jarum. saya pun terkadang suka jalan jalan membawa kaleng kamera lubang jarum. hari hari seperti itu sudah jarang saya lakukan lagi, kesibukan kesibukan, perselingkuhan saya dengan hal lain membuat hubungan saya dengan kamera lubang jarum merenggang.

trus barusan ada yang minta link fotografi lubang jarum di indonesia, maka saya coba kumpulkan hasil hasil percintaan saya dulu dengan kamera lubang jarum.

gambar ini adalah sebagian gambar gambar awal percintaan saya dengan kaleng yang dibolongin trus ditempel alumunium foil yang dibolongin.

yang ini juga coba awal awal di rumah. foto ini pernah saya masukan di situs www.pinholeday.org, tahun 2006, trus ada beberapa orang yang suka. judulnya kaki saya.

mau coba coba sama robot yang ceritanya lagi pipis.

robot depan rumah.

waktu itu saya sama teman teman sma sama sama bercinta dengan kamera lubang jarum di katederal jakarta, kita sangat niat, sampai membawa mobil box untuk dijadikan kamar gelap.

katederal samping.

waktu itu ada kapal swedia gotheborg dateng ke indonesia, sebuah kapal yang dibuat kuno yang berusaha mengulangi kejayaannya di masa lampau. orang lain bawa lomo masing masing, saya meninggalkan action sampler dan holga saya tetap setia membawa kaleng kamera lubang jarum. waktu itu saya membawa tiga kaleng tapi hasilnya cuma dua.

gotheborg depan.

semua hitam putih karena waktu itu saya baru mengenal kamera lubang jarum yang dibuat dari kaleng dan menggunakan kertas foto cina hitam putih yang berukuran 10r lalu dibagi dua.

kemudian percintaan berlajut ke tahap lebih canggih, saya menggunakan kamera saku yang di rusak lensa dan shutternya lalu diganti lubang jarum. hasilnya sedikit yang saya suka, hanya beberapa yang di scan.

karena sudah hilang juga file scannya coba liat http://www.pinholeday.org/gallery/2007/index.php?gc=y

2 komentar:

  1. kerennnn francisssss...!
    :)

    yg robot pipis itu lucuu..
    yg katedral asoii.. hihihiw.
    dasar kamu fotografer aneh.. ahhaaw

    BalasHapus